16th May 2014 Cat: Skripsi with Comments Off

Tubuh dan Kesehatan adalah salah satu contoh Tubuh dan Kesehatan kumpulan tugas akhir skripsi tesis tugas kuliah secara online Tubuh dan Kesehatan untuk SMU SLTA SMK MA S1 S2 S3 artikel paper karya ilmiah makalah tugas akhir skripsi tesis. Anda bisa mendownload Tubuh dan Kesehatan full content lengkap atau artikel yang berkaitan dengan Tubuh dan Kesehatan dalam bentuk PDF secara gratis.

KATA PENGANTAR
Segala puji dan rasa syukur penulis persembahkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah – Nya ,sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul  “  TUBUH DAN KESEHATAN’’ ini.
Pada kesempatan ini tak lupa penulis ucapkan terimah kasih kepada kedua orang tua, yang telah berjasa  besar dangan penuh pengorbanan dan selalu berdo’a demi terpenuhinya segala kebutuhan ananda, sehingga penulis sekses dalam menuntut ilmu untuk kehidupan masa depan yang lebih baik.
Penulis menyadari karya tulis ini masih ada kekurangan dan jauh dari kata sempurna namun itulah yang saat ini penulis bisa persembahkan untuk para pembaca sekalian dan mudah-mudahan dengan adanya karya tulsis ini sedikit banyaknya dapat membawa manfaat kepada kita semua, dan juga dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya.
Kasikan,     Februari  2010
                                                                              Penulis 
DAFTAR ISI
JUDUL
KATA PENGANTAR………………………………………………………………………………… i
DAFTAR ISI………………………………………………………………………………………………. iii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah…………………………………………………………………….. 1
1.2  Identifikasi Masalah……………………………………………………………………………. 2
1.3  Pembatasan  Masalah……………………………………………………………………….. 2
1.4  Perumusan Masalah………………………………………………………………………….. 2
1.5  Tujuan Penelitian ……………………………………………………………………………… 3
1.6  Manfaat Penelitian ……………………………………………………………………………. 3
BAB II 
KERANGKA TEORI
2.1 Pengertian Tubuh ……………………………………………………………………… …….. 4
2.2 Hal – Hal yang Dibutuhkan Oleh Tubuh …………………………………… …….. 4
2.3 Akibat Kekurangan Vitamin………………………………………………………………… 5
2.4 Mengatasi Kekurangan Vitamin ………………………………………………………… 5
BAB III
METODE PENELITIAN
3.1  Metode yang digunakan ……………………………………………………………………. 6
3.2  Latar penelitian ………………………………………………………………………………….. 6
3.3 Sumber Data……………………………………………………………………………………….. 6
3.4 Teknik Pengumpulan Data…………………………………………………………………. 7
3.5 Teknik Analisis Data …………………………………………………………………………… 7
BAB IV
PEMBAHASAN
4.1  Unsur Tubuh Manusia……………………………………………………………………….. 8
4.2 Pembagian Unsur Tubuh Manusia ……………………………………………………. 8
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan ………………………………………………………………………………………… 13
5.2 Saran ………………………………………………………………………………………………….. 13
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………………………………. 15
BAB I
PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang Masalah
Kita mungkin pernah membayangkan dan memperhatikan perkembangan tubuh manusia, bermula dari manusia lahir yang lazim disebut bayi, kanak – kanak, remaja dewasa dan hingga akhirnya menjadi  orang tua, pada masa anak – anak tubuh kita sangat lemah dan sangat rentan terhadap penyakit dan lama kelamaan tubuh kita berangsur menjadi kuat dan kebal terhadap berbagai macam penyaklit dan tekadang menjadi kuat luar biasa, kita bisa bergerak kesana kemamri, melakukan aktifitas dengan leluasa  dan masih banyak kegiatan yang kita lakukan yang semua itu kita tak sadari apa dan bagaimana cara kerja organ – organ yang berada didalam tubuh kita sehingga kita bisa  tumbuh menjadi besar dan melakukan aktifitas sehari –hari.
1.2         Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan diatas, penulis perlu mengidentifikasi masalah – masalah  yang akan dibahas dalam karya tulis ini antara lain sebagai berikut :
1.    Apa saja yang terdapat didalam tubuh manusia…. ?
2.    Bagaimana cara kerja organ – irgan tubuh masnusia …..?
3.    Apa penyebab oragan tubuh manusia bisa bekerja  ….?
4.    Apa yang dibutuhkan organ – organ tubuh manusia….?
5.    Bagaiman jika kebutuhan organ – organ tubuh tidak terpenuhi….?
1.3         Pembatasan Masalah
Mengingat begitu luasnya pokok permasaalahan yang akan diteliti serta dibahas dalam karya tulis ini, maka penulis perlu melakukan pembatasan masalah  adapun pembatasan masalah tersebut adalah “ Apa saja organ pital yang terdapat didalam tubuh manusia  dan bagaimana cara kerja organ pital tersebut.
1.4         Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian yang telah dijelaskan pada latarbelakang, maka permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana cara kerja alat – alat pital yang terdapat didalam tubuh manuasia.
1.5         Tujuan Penelitian
Tujuan dari diadakan penelitian ini adalah :
a.    Diajukan untuk melengkapi salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Nasional Tahun Pelajaran  2009 – 2010 di SMA Negeri 1 Tapung Hulu Kabupaten Kampar.
b.    Untuk mengkaji dan menganalisa apa saja yang termasuk organ – organ vital di dalam tubuh manusia.
c.    Bagaiman cara kerja organ – organ vital tubuh manusia.
 
1.6         Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian yang ingin dicapai dalam pembuatan karya tulis ini adalah :
a.    Dengan adanya penelitian ini diharapkan untuk meningkatkan keberanian dan juga mentalitas penulis sebagai bekal dalam menghadapi masa depan  yang penuh persaingan dan akan hanya sanggup terpecahkan dengan ilmu pengetahuan .
b.    Penelitian ini diharapkan mampu memberikan penjelasan tentang Jenis – jenis organ vital pada tubuh manusia.
c.    Penelitian ini dapat menjadi masukan bagi para pembaca apa saja yang termasuk didalam organ – organ vital, dan bagaima cara kerjanya.
d.    Dapat bermanfaat sebagai bahan referensi dalam penelitian ataupun penulisan karya ilmiah kedepannya, sehingga membawa manfaat bagi para pembaca dan bagi adik – adik kelas selanjutnya.
BAB II
KERANGKA TEORI
2.1 Pengertian Tubuh
Menurut Erick Eckholm Pakar kesehatan dari Picture of heath worldwatch institute mengatakan bahwa tubuh adalah kumpulan otak, organ – organ penggerak tubuh, darah, dan lain sebagainya. 
2.2 Hal – hal yang dibutuhkan oleh tubuh  
Diantara yang dibutuhkan oleh tubuh manusia adalah vitamin, Protein, lemak,  air,  karbohidtar dan senyawa – senyawa lainnya  yang semuanya itu bisanya dapat kita peroleh dengn memasukkan makanan kedalam tubuh manusia. Tetapi senyawa – senyawa ini ternyata belum cukup bagi tubuh kita untuk dapat merawat kehidupan dan menjaga kesehatan tubuh kita memerlukan senyawa  - senyawa lainnya seperti berbagai macam vitamin, yang salah satu vitamin yang h dibutuhkan oleh tubuh  kita adalah vitamin C yang biasanya dapat kita dapatkan pada buah – buahan tertentu seperti jeruk dan sayur – sayuran segar.
2.1 Akibat Kekurangan Vitamin
               Ketika tubuh kita mengalami kekurangan vitamin maka bisanya akan timbul berbagai macam, penyakit seperti pembuluh – pembuluh darah menjadi lemah dan kita mudah mengalami pendarahan, tanda – tanda lembam akan muncul pada kulit dan sekitar mata kita. Gusi kita akan mudah mengalami pendarahan, hormone – hormone dan enzim – enzim pada tubuh kita tidak dapat berfungsi dengan baik dan daya tahan tubuh terhadap penyakit yang disebabkan serangan bakteri akan manurun. 
2.2 Mengatasi Kekurangan Vitamin
               Umat manusia membutuhkan sejumlah makanan tertentu untuk dikonsumsi setiap hari agar pasokan energi bagi tubuh kita tetap terpenuhi, meskipun hamper semua jenis makanan dapat menghasilkan energi tetapi karbohidratlah yang merupakan pemasok energi terbesar bagi tubuh kita. Karbohodtar terkandung didalam makannan seperti roti, Sereal, Kentang, Beras, dan Pasta.
              
BAB III
METODE PENELITIAN
3.1       Metode yang digunakan
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu metode penjelasan suatu masalah. Selain itu metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori, yaitu metode yang menjelaskan apa, bagaimana hasil dari pada penelitian itu sendiri.
3.2       Latar  Penelitian
            Penelitian ini penulis lakukan melalui deskripsi media cetak  yang dapat kita kita dapat di perpustakaan – perpustakaan dan toko buku yang ada di sekitar kita.
        
3.3      Sumber Data
Dengan melakukan kunjungan pustaka dan reverensi terhadap beberapa buku dan majalah yang terdapat di toko – toko buku yang ada di  Kasikan dan dengan melakukan Browssing pada situs – situs internet yang berhubungan dengan penyakit paru – paru.
3.4       Teknik Pengumpulan Data
Adapun  teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
1.            Study Kepustakaan
Dalam teknik ini menjadikan buku – buku  dan majalah   yang berhubungan dengan penelitian sebagai referensi dan melakukan browsing  di internet, sehingga ada korelasi antara judul karya tulis dengan teori serta pelaksanaan penelitian itu sendiri.
3.5       Teknik Analisis Data
Analisis  yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, yaitu metode analisa data dengan memaparkan hasil penelitian yang diperoleh.
 
BAB IV
PEMBAHASAN
4.1 Unsur Tubuh Manusia
Tubuh manusia pada dasarnya dapat dibedakan menjadi 4 unsur  yaitu : Lemak, Tulang, Daging dan Kulit, yang kesemuanya ini tidak dapat dipisahkan satu sama lain, sebab keempat unsure tubuh manusia ini adalah berkaitan satu sama lain dan organ – organ tubuh manusia berda diantara unsure – unsure yang empat ini, empat unsure yang terdapat di dalam tubuh manusia ini berfungsi melindungi organ organ vital tubuh manusia.
4.2 Pembagian unsur Tubuh  Manusia
Tubuh manusia terdiri dari berbagi macam organ yang semuanya itu berfungsi menggerakkan tubuh manusia baik secara langsung maupun secara tidak langsung adapun organ – organ tubuh manusia itu antara lain :
1.        Otak
Pada dasarnya otak dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu : Otak belakang, otak tengah dan otak depan setian ini mempunyai pungsi masing – masing tetapi setiap bagian tetap bergantung satu sama lainnya, otak adalah pusat pengendali seluruh tubuh, otak membuat tubuh kita bekerja sebagaimana mestinya dan selain itu juga berfungsi mengatur pikiran, perasaan dan ingatan. Bagian terbesar pada otak disebut Cerebrum atau otak besar atau otak depan tugas utama otak besar untuk mengurutkan dan merespon pesan – pesan yang diterimanya dari organ – organ panca indra tubuh kita disamping itu otak besar juga berfungsi menyimpan informasi berupa ingatan dan berfungsi sebagai organ pikir, pesan – pesan yang diterima dari indra – indara tubuh kita akan dikelola oleh daerah penyensor otak besar, sementara daerah motorik mengendalikan kerja otot – otot tubuh.  
2.        Kerangka
Kerangka tersusun atas jaringan tulang, tulang – tulang memiliki susunan tersendiri agar dapat menjaga tubuh tetap bersatu, tubuh kita tidak akan mudah tertopang dan akan mudah ambruk seperti boneka yang terbuat dari kain, ini membuktikan bahwa tanpa kerangka kita tidak akan bisa bergerak sebagaimana mestinya, kerangka juga memberikan perlindungan bagi organ – organ lunak yang berada didalam tubuh kita seperti otak, jantung dan paru – paru. Kerangka benar – benar berfungsi sebagai penopang dan pelindung semua organ lunak yang kita miliki, selain itu kerangka juga membantu system pengangkatan dimana otot – otot menjalankan fungsinya sehingga kita dalan melakukan gerakan  - gerakan sebagai mana yang kita inginkan.
3.        Jantung
Jantung adalah organ berotot sebesar kepalan tangan yang memmompa darah ke seluruh tubuh, sebenarnya jantung adalah sepasang pompa, yang dipadukan pada bagian atas setiap sisi jantung terdapat ruang berdinding tipis yang disebut atrium, yang menerima darah yang dikembalikan organ lain melalui pembuluh pena menuju ke jantung ketika atrium berisi. Maka ia akan berkontraksi dan mendorong darah dengan tekanan yang sangat tinggi.
4.        Ginjal
Ginjal adalah organ pada tubuh manusia yang berfungsi menyaring limbah dalam darah oleh karena itu kesehatan ginjal sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Kita semua memiliki dua buah ginjal keduanya terletak pada bagian belakang abdomen ( rongga perut ) dari bagian dalam setiap ginjal terdapat sebuah saluran yang disebut uretra yang menurun pada rongga abdominal memasuki kantong kemih. Dari organ inilah limbah tubuh dikeluarkakn dari dalam tubuh yang berbentuk urine. ( air seni ). Ginjal manusia terdiri   dari tiga lapisan yaitu, secara beruntun, korteks duluar organ ini, medulla dan pelvis, darah mengalir kedalam medulla melalui arteri ginjal, didalam medulla dan korteks arteri ginjal bercabang pada arteri – arteri yang semakin kecil.
5.        Hati
Hati adalah organ tubuh manusia yang berfungsi penting dalam dua hal : membuat ( memproses zat – zat ) kimia baru dan menetralisir dan zat sisa dalam tubuh, hati adalah organ terbesar dalam  tubuh manusia dengan berat mulai dari 1,36 sampai dengan 1,81 kg. sebelum kembali ke jantung dan paru – paru darah diperut harus melewati terlebih dahulu system pembuluh dalam hati yang disebut sisten portal.
Berbagai factor termasuk virus, obat – obatan polusi lingkungan, kelainna genetic, dan penyakit – penyakit sistemik dapat mempengaruhi hati dan membuatnya tidak berfungsi dengan baik, tetapi hati memiliki kemampuan untuk memperbaharui diri yang luar biasa sehingga biasanya kembali normal setelah penyebab kerusakannya tuntas ditanggulangi.
6.        Usus
Setiap makanan harus dihancurkan dan diuraikan terlebih dahulu sebelum sari – sari makanan atau kandungan gizinya dapat diedarkan oleh darah ke sel – sel tubuh untuk menghasilkan energi.
Proses ini terjadi di dalam system pencernaan, makanan meninggalkan perut sedikit  demi sedikit dan masuk kedalam usus kecil. Disinilah sebagian besar dari proses pencernaan terjadi dengan bantuan zat – zat kimia pencernaan, dan selanjutnya sari – sari makanan yang telah dicerna itu diserap oleh tubuh, jaringan usus memiliki jutaan jonjot jari. Yang disebut villi. Makanan  yang tidak dicerna meneruskan perjalanannya ke usus besar disinilah kelebihan air  dan mineral – mineral diserap dari makanan yang tidak tercerna tadi.
BAB V
PENUTUP
5.1         Kesimpulan
Tubuh manusia adalah kumpulan organ – organ yang semuanya itu dilindungi oleh rangka tubuh yang telah tersusun sedemikian rupa, semua organ yang terdapat didalam tubuh manusia, dimana satu sama lainnya adalah sangat saling membutuhkan dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain, yang tak kalah pentingnya adalah  rangka, tanpa adanya rangka manusia tidak akan bisa berdiri bak seperti boneka yang terbuat dari kain, disamping itu tubuh manusia sangat membutuhkan asupan gizi sebab gizi adalah sumber energi bagi tubuh manusia sedangkan cara memproleh gizi adalah dengan memakan makanan – makanan yang mengandung vitamin dan mineral seperti sayur – sayuran dan buah – buahan demi tercapainya kecukupan gizi tubuh untuk kelangsungan hidup yang sehat.
5.2     Saran
Agar setiap manusia tidak memporsir tubuhnya sebab dengan demikian tubuh kta bisa menjadi terpaksa  dan ini bisa membuat kerusakan pada organ – organ tubuh manusia  yang mengakibatkan akan rentan terhadap penyakit yang semuanya itu akan berdampak negative terhadap tubuh manusia itu sendiri, oleh sebab itu marilah kita menjaga tubuh kita sebab dengan kita menjaga kesehatan kita maka secara tidak langsung kita telah ikut serta mensukuri nikmat yang telah diberikan tuhan terhahdap kita, selain itu marilah kita menghindari tempat – tem penyakit didalam tubuh kita. Kemudian marilah kita mengkonsumsi makanan – makanan myang bergizi dengan cara memilih makanan yang betul – betul mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita, agar tubuh kita selalu dalam keadaan sehat sebab kata pepatah tiada nikmat yang paling besar yang kita rasakan secara langsung kecuali kesehatan.
DAFTAR PUSTAKA
Husen, Umar. 1996. Petunjuk Lengkap Membuat Karya Tulis Dan Tesis. Jakarta. Rajawali Pres.
Departemen pendidikan dan kebudayaan. 1994. kurikulum sekolah menengah umum ( GBPP ) mata pelajaran Biologi. Depdikbud. Jakarta
Partodihardjo, S. 1987. Kesehatan paru – paru. Jakarta. Mutiara sumber wijaya.
Nirmala. 2007. Terapi. Jakarta.
Noviana.DS. 2007. Rebusan daun pare untuk penderita paru menahun.Jakarta. Nirmala.
Dyah. 2007. Rebusan daun pare untuk penderita paru menahun.Nirmala. Cilacap.
www.paru-paru.com
www.riauposgroup.com/
www.nirmala.com
www.kesehatanparu-paru.com

Tubuh dan Kesehatan adalah salah satu contoh Tubuh dan Kesehatan kumpulan tugas akhir skripsi tesis tugas kuliah secara online Tubuh dan Kesehatan untuk SMU SLTA SMK MA S1 S2 S3 artikel paper karya ilmiah makalah tugas akhir skripsi tesis. Anda bisa mendownload Tubuh dan Kesehatan full content lengkap atau artikel yang berkaitan dengan Tubuh dan Kesehatan dalam bentuk PDF secara gratis.

contoh makalah vitamin D,contoh makalah penjaskes persendian manusia,contoh makalah asi,Contoh karya tulis ilmiah tentang Bahaya Lemak Dalam Tubuh Manusia,makalah jurnal vitamin c,Hubungan ibu menyusui dengan kurangnya nutrisi di tembilahan,makalah termoregulasi pada ikan,contoh my family,contoh karya ilmiah tentang teknik kimia,contoh makalah tentang dc

Related Post Powered by G o o g l e :