26th July 2013 Cat: Tesis with Comments Off

Rencana Pembelajaran – Ilmu Pengetahuan Alam – Memahami gejala-gejala alam adalah salah satu contoh Rencana Pembelajaran – Ilmu Pengetahuan Alam – Memahami gejala-gejala alam kumpulan tugas akhir skripsi tesis tugas kuliah secara online Rencana Pembelajaran – Ilmu Pengetahuan Alam – Memahami gejala-gejala alam untuk SMU SLTA SMK MA S1 S2 S3 artikel paper karya ilmiah makalah tugas akhir skripsi tesis. Anda bisa mendownload Rencana Pembelajaran – Ilmu Pengetahuan Alam – Memahami gejala-gejala alam full content lengkap atau artikel yang berkaitan dengan Rencana Pembelajaran – Ilmu Pengetahuan Alam – Memahami gejala-gejala alam dalam bentuk PDF secara gratis.

MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS/SEMESTER : X/ 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
KODE KOMPETENSI : 1
ALOKASI WAKTU : 64 x 45 Menit

KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik
1.2 Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam abiotik

MATERI PEMBELAJARAN
- Metode ilmiah
- Perumusan masalah
- Perumusan hipotesis
- Perancangan penelitian
- Pelaksanaan penelitian
- Pelaporan penelitian
- Rotasi bumi dan peristiwa siang dan malam
- Gempa bumi sebagai bentuk gejala alam
- Tsunami sebagai bentuk gejala alam
- Antisipasi bencana alam

KEGIATAN PEMBELAJARAN

- Mendiskusikan metode ilmiah, diidentifikasi langkah-langkah ilmiah dan contohnya
- Melakukan pengamatan gejala alam biotik di lingkungan sekitar (perilaku maupun keadaan hewan, tumbuhan, dan mikroorgamisme baik pada individu maupun dampak dari perilaku individu itu. Misalnya, luruhnya bunga sebelum waktunya pada tanaman tertentu, hilangnya populasi katak di suatu kawasan, dsb).
- Diskusi kelompok untuk: merumuskan masalah dari temuan gejala alam biotik di lingkungan sekitar sebagai isyu yang perlu dibahas selanjutnya; melengkapi informasi, baik dengan melakukan penga-matan yang lebih cermat di lokasi sesuai dengan masalah yang dirumuskan, ataupun studi pustaka di perpustakaan/ intenet; Informasi itu selanjutnya digunakan untuk membuat hipotesis; menyusun rencana penelitian.
- Melakukan penelitian sesuai dengan rencana yang disusun.
- Mengkomunikasikan hasil penelitian.
- Melakukan diskusi untuk membahas proses-proses fisika yang terjadi dalam peristiwa rotasi bumi dan pengaruhnya terhadap kehidupan.
- Membaca literatur dan sumber belajar (misalnya koran) tentang peristiwa gempa bumi.
- Melakukan Kunjungan/ observasi ke BMG
- Melakukan diskusi tentang faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya gempa bumi.
- Melihat tayangan dan membaca literatur (misalnya koran) tentang peristiwa tsunami.
- Melakukan diskusi tentang faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya tsunami.
- Membuat daftar langkah penyelamatan yang harus dilakukan apa bila pada saat terjadinya bencana gempa dan tsunami.
- Melakukan simulasi penyelamatan saat terjadinya gempa dan tsunami.

INDIKATOR

- Langkah-langkah metode ilmiah diijelaskan dan masing-masing diberikan contohnya
- Gejala-gejala alam biotik di lingkungan sekitar diidentifikasi secara cermat dan masalah yang ditemukan dirumuskan dengan jelas.
- Hipotesis disusun sebagai solusi terhadap masalah yang telah dirumuskan. Rumusan hipotesis memperlihatkan hubungan antar variabel.
- Rencana penelitian disusun dengan varibel-variabel (manipulasi, respon, dan kontrol) yang akan diukur, prosedur, cara pengumpulan data dan mengolah data diuraikan dengan jelas.
- Variabel-variabel penelitian diperlakukan dan diukur dengan teliti/akurat, diolah serta simpulan yang dibuat sesuai dengan data.
- Laporan penelitian ditulis, dikomunikasikan dan hasilnya dipertahankan dengan argumentasi yang sesuai.
- Gejala alam yang terjadi dilingkungan sekitar diidentifikasi dengan benar. (contoh: peristiwa siang & malam, pelangi, tsunami, gempa, bencana, dll)
- Faktor-faktor terjadinya gempa dijelaskan dengan benar.
- Faktor-aktor terjadinya bencana alam tsunami dijelaskan dengan benar.
- Pengetahuan tentang antisipasi akibat dari bencana alam diidentifikasi dengan benar.

PENILAIAN
- Observasi kinerja
- Produk
- Tes tertulis
- Observasi/ pengamatan
- Tugas kelompok

Rencana Pembelajaran – Ilmu Pengetahuan Alam – Memahami gejala-gejala alam adalah salah satu contoh Rencana Pembelajaran – Ilmu Pengetahuan Alam – Memahami gejala-gejala alam kumpulan tugas akhir skripsi tesis tugas kuliah secara online Rencana Pembelajaran – Ilmu Pengetahuan Alam – Memahami gejala-gejala alam untuk SMU SLTA SMK MA S1 S2 S3 artikel paper karya ilmiah makalah tugas akhir skripsi tesis. Anda bisa mendownload Rencana Pembelajaran – Ilmu Pengetahuan Alam – Memahami gejala-gejala alam full content lengkap atau artikel yang berkaitan dengan Rencana Pembelajaran – Ilmu Pengetahuan Alam – Memahami gejala-gejala alam dalam bentuk PDF secara gratis.

makalah tentang dasar-dasar perilaku kelompok,contoh antropologi untuk penelitian,makalah antisipasi bencana alam dalam penelitian ilmiah,makalah dasar dasar perilaku kelompok,penelitian tesis s2 tentang media radio,metode ilmiah dan rotasi bumi,laporan penelitian ilmiah,MAKALAH PENELITIAN ILMU PENGETAHUAN ALAM,makalah penelitian tentang rotasi bumi,MAKALAH PERILAKU ETIKA INDIVIDU

Related Post Powered by G o o g l e :

Model Pembelajaran IPA SMP   Sertifikasi Guru   Universitas Negeri

Model Pembelajaran IPA SMP Sertifikasi Guru Universitas Negeri

Model Pembelajaran IPA SMP Sertifikasi Guru Universitas Negeri, Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada Satuan Pendidikan SMPMTs. . memahami gejalagejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehariĀ 

Read: Model Pembelajaran IPA SMP Sertifikasi Guru Universitas Negeri DownloadRead
Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan

Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan

Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan, berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam dan segala gejala gejalanya Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam adalah suatu kumpulan di alam untuk memahami dan memperdalam lebih lanjut, dan melihat adanya keterangan serta . sebelum kegiatan pembelajaran dilakukan guru wajib menyusun Rencana.

Read: Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan DownloadRead
Pembelajaran IPA Terintegrasi   Staff Site Universitas Negeri

Pembelajaran IPA Terintegrasi Staff Site Universitas Negeri

Pembelajaran IPA Terintegrasi Staff Site Universitas Negeri, IPA adalah sebagai sarana untuk memahami alam dan melatihkan pola pikir siswa dalam Gejala dan fenomena IPA pada objek permasalahan IPA . Langkah perencanaan pembelajaran IPA terintegrasi disajikan berikut ini. Gambar 1.

Read: Pembelajaran IPA Terintegrasi Staff Site Universitas Negeri DownloadRead
Bentuk bentuk pembelajaran outdoor

Bentuk bentuk pembelajaran outdoor

Bentuk bentuk pembelajaran outdoor, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar . menentukan waktu dengan tepat dan merancang RPP yang tepat. mengenal gejala dan permasalahannya, serta menelaah dan menemukanĀ 

Read: Bentuk bentuk pembelajaran outdoor DownloadRead
PENGEMBANGAN MEDIA MODUL PADA MATA PELAJARAN IPA

PENGEMBANGAN MEDIA MODUL PADA MATA PELAJARAN IPA

PENGEMBANGAN MEDIA MODUL PADA MATA PELAJARAN IPA, 17 Mar 2012 Abstrak: Kurikulum pada Mata Pelajaran IPA kelas X Sekolah Menengah Kejuruan terdapat. Start Kompetensi Memahami gejalagejala alam melalui pengamatan. Salah Satu kurang, ini dijelaskan melalui Rencana.

Read: PENGEMBANGAN MEDIA MODUL PADA MATA PELAJARAN IPA DownloadRead
10 BAB II KAJIAN PUSTAKA A  Hakekat Pembelajaran 1

10 BAB II KAJIAN PUSTAKA A Hakekat Pembelajaran 1

10 BAB II KAJIAN PUSTAKA A Hakekat Pembelajaran 1, pemerolehan ilmu dan pengetahuan , penguasaan kemahiran dan tabiat , Fakta dan gejala alam tersebut menjadikan pembelajaran. IPA tidak hanya verbalĀ 

Read: 10 BAB II KAJIAN PUSTAKA A Hakekat Pembelajaran 1 DownloadRead
Download  1MB

Download 1MB

Download 1MB, MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN IPA MI. ALMA' ARIF tentang gejala alam dan perubahanperubahan yang sangat bermanfaat bagi sehingga siswa bisa memahami sekaligus mempraktikkan secara langsung. . Tindakan ini merupakan pelaksanaan rencana pembelajaran yang telah.

Read: Download 1MB DownloadRead
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KENAMPAKAN

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KENAMPAKAN

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KENAMPAKAN, IPA erat kaitannya dengan perkembangan gejala alam ter II mata pelajaran IPA, mencakup salah sa (2009) terdiri dari tahap perencanaan, pelak.

Read: UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KENAMPAKAN DownloadRead